Thursday, August 2, 2018

3 Sektor yang Menjadi Sasaran Utama Platform Peer to Peer Lending

Dalam praktiknya, skema peer to peer lending berusaha menghubungkan para pelaku UMKM dengan para investor yang ingin berinvestasi dengan menanamkan modalnya.
Cara ini bisa menjadi solusi jitu mengingat banyaknya pelaku UMKM yang tidak memiliki akses pinjaman ke Bank.
Lalu, dari sektor apa sajakah para pengusaha tersebut berasal? Berikut ini 3 sektor usaha yang biasanya menjadi sasaran utama platform peer to peer lending :

Perdagangan
Sektor pertama yang menjadi sasaran utama platform peer to peer lending adalah sektor perdagangan.
Ada banyak sekali pengusaha UMKM yang bergerak di sektor ini karena berdagang menjadi salah satu cara paling mudah bagi rakyat kecil untuk dapat memiliki penghasilan.
Sayangnya, tidak semua pedagang memiliki akses untuk mendapatkan pinjaman ke perbankan.
Oleh karena itu, MEKAR hadir untuk membantu para pedagang kecil khususnya para wanita yang inign mengembangkan usaha kecilnya agar menjadi semakin besar lagi lewat suntikan modal yang diberikan oleh para investor MEKAR.

Gambar: wikipedia.org

Agrikultur

Sektor kedua yang menjadi sasaran utama platform peer to peer lending adalah sektor agrikultur.
Sektor agrikultur umumnya meliputi sektor pertanian, perkebunan hingga peternakan.
Para pengusaha kecil di sektor UMKM umumnya tidak mendapatkan bantuan pinjaman dana dari Bank karena masa panen yang tidak rutin setiap bulannya dan banyaknya faktor yang bisa menghambat usaha tersebut.
Karena sulit mendapatkan akses perbankan, para pengusaha agrikultur akan sangat terbantu dengan kehadiran platform peer to peer lending untuk mengembangkan bisnis yang dimilikinya menjadi semakin besar.

Industri manufaktur
Sektor terakhir yang biasanya menjadi sasaran platform peer to peer lending adalah sektor industri manufaktur.
Sektor ini biasanya mencakup para pengusaha UMKM di bidang kerajinan tangan, oleh-oleh, dan pengolahan lainnya.
Sektor manufaktur mendapatkan keuntungan dari nilai tambah yang didapat berkat proses yang dilakukannya.
Sayangnya, tidak semua pengusaha UMKM di industri ini mendapatkan layanan perbankan sehingga skema peer to peer lending menjadi solusi jitu agar bisa mendapatkan pinjaman dan mengembangkan industri yang sedang dijalaninya. Ketiga sektor tersebut merupakan sektor yang biasanya digeluti oleh para pengusaha UMKM.
Mekar sebagai salah satu penyedia jasa Peer to peer lending terbesar di Indonesia berusaha mengakomodir para pengusaha UMKM dan investor yang ingin berinvestasi.
Kunjungi laman berikut https://mekar.id/microlending/investments/ dan cari tahu pembiayaan mana yang ingin Anda investasikan dari ketiga jenis industri di sektor UMKM tersebut.

IBX59E89E6F98B8E