Cara mengatasi We encountered an error while trying to access your Sitemap.

Cara mengatasi We encountered.. bla bla bla..
Beberapa waktu yang lalu saya pernah juga mengulas tentang kesalahan ketika submit sitemap di google webmaster tools dengan menampilkan eror diskripsi: Sitemap anda terlihat seperti html.. bla.. bla.. bla..
Kali ini, kita juga akan mencoba untuk mengatasi permasalahan masih di seputar submit sitemap namun dengan diskripsi eror yang berbeda, seperti gambar di bawah.
Saya mengalami kejadian seperti ini ketika melakukan submit sitemap website dengan menggunakan hosting selain di blogspot (hosting sendiri).

Cara mengatasi We encountered an error while trying to access your Sitemap. Please ensure your Sitemap follows our guidelines and can be accessed at the location you provided and then resubmit. Network unreachable: DNS issue

Tidak seperti kustom domain blogspot, pada tampilan url dengan menggunakan "hosting sendiri" ini tidak akan terlihat www didepannya (kecuali bila pembaca me-redirect nya).
Jadi, untuk tampilan di hasil pencarian maupun tab url, tanpa mengetikkan www didepannya pun tidak akan terjadi error.
Baca juga: Agar custom domain blogger bisa diakses tanpa WWW Pada tahap inilah kesalahan "We encountered... ... ..." tersebut muncul di menu error description sitemap google webmaster tool.

Berbekal dengan coba-coba akhirnya permasalahan ini teratasi juga.
Kesalahan tersebut adalah karena,
Tidak seragamnya penulisan dengan dan tanpa www didepan url pada dasbor gugel webmster, robots.txt dan sitemap.xml.
Baca juga: Cara membuat sitemap.xml Dan, kesalahan yang saya  lakukan adalah saya menambahkan properti di webmaser tools dengan tanpa www didepan url saya.
Tapi menambahkan www di depan url pada sitemap (xml) dan di robots.txt
Jadi, seperti inilah yang terjadi..
Pada error description selalu menampilkan pesan tadi.

Selanjutnya, saya mengatasinya dengan cara "menyeragamkan" penulisan tanpa www di dashboard webmaster tool dan juga di sitemap (xml) dan juga di robots.txt, karena yang saya harapkan adalah tenpa www didepan url (bila pembaca menginginkan dengan www didepan URL, maka seragamkan semua opsi menjadi dengan www).
Dan.. pesan error pun tidak muncul lagi.

Begitulah pengalaman saya ketika mengatasi We encountered... ... ....
Semoga pengalaman kecil ini bermanfaat bagi pembaca semua.
Happy blogging!

IBX59E89E6F98B8E